AUG Student Services
en English
Enquire Home
AUG Student Services logo
en English
Menu

Jalur Kuliah ke Luar Negeri untuk Lulusan SMA/SMK

how-to-get-into-johns-hopkins

Buat yang baru lulus SMA/SMK, wajib baca ini!

Kuliah di luar negeri memang masih menjadi impian bagi beberapa pelajar di Indonesia. Australia, Inggris, Amerika, Malaysia, Singapore adalah contoh destinasi mereka untuk melanjutkan studi.

Kualitas pendidikan di Negara-negera tersebut memang sudah tidak diragukan lagi dan sebagian besar universitas yang masuk dalam top ranking dunia ada di Negara-negara tersebut.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kendala bagi pelajar di Indonesia, khususnya pelajar lulusan SMA/SMK, yang tidak percaya diri atau terkendala hal lain sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Pelajar SMA/SMK di Indonesia banyak beranggapan bahwa pelajar dari sekolah nasional atau kurikulum nasional tidak bisa atau sulit melanjutkan studi di luar negeri.

Padahal buat kamu pelajar di Indonesia yang lulus dari sekolah nasional, SMA / SMK Negeri, atau sekolah lain dengan kurikulum nasional tidak perlu khawatir dengan hal ini. Kamu tidak salah pilih sekolah koq dan kamu tetap bisa melanjutkan impian kamu kuliah ke luar negeri.

Yuk simak 3 poin penting dari AUG berikut ini:

  • Kamu tau gak sih, beberapa universitas di luar negeri saat ini sudah ada yang bisa menerima nilai raport dan ijazah dari sekolah atau kurikulum nasional lho?

Iya, selama nilai raport kamu diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau diatas rata-rata dan nilai di Ijazah kamu memenuhi syarat masuk universitas, maka kamu bisa boleh langsung mendaftar di universitas tersebut. Coba deh kamu hubungi konselor di AUG untuk tanya-tanya lebih jelas.

  • Kamu bisa lewat jalur Foundation atau Diploma lho.

Ya, jalur ini sangat populer dan banyak diminati oleh banyak pelajar internasional. Foundation dan Diploma adalah program penyetaraan yang diadakan oleh universitas atau institusi untuk bisa masuk ke program Sarjana (S1/Undergraduate) yang ditujukan untuk pelajar internasional.

Program Foundation ini ditujukan buat kamu yang pelajar nasional yang mau mendaftar di universitas tetapi universitas tersebut belum mengakui raport dan ijazah nasional. Oia, program Foundation ini bisa diambil untuk kamu yang sudah lulus kelas 12 atau kelas 11. Untuk Persayaratan mendaftar program Foundation kamu bisa konsultasi dengan konselor dari AUG yah.

Perbedaan dengan program Diploma adalah kalau Diploma kamu harus lulus kelas 12 dengan nilai yang memenuhi syarat. Tapi gak semua universitas dan jurusan mempunyai program Diploma yah. Dan perlu kamu tahu, setelah kamu menyelesaikan program Diploma ini, kamu bisa masuk ke universitas (S1/Undergraduate) langsung di tahun ke-2 lho, penasaran?

  • Fakta terakhir dan penting untuk kamu ketahui, saat ini program Foundation dan Diploma tersebut bisa kamu ambil di Indonesia lho.

Yup, ada beberapa institusi yang membawa kurikulum dari universitas di luar negeri atau membuat kurikulum agar pelajar di Indonesia bisa masuk ke universitas impian kamu.

  • Jakarta International College, institusi ini mempunyai program supaya kamu bisa melanjutkan studi di Monash University – Australia atau Western Michigan University – USA.
  • Deakin College, program dari Deakin College ini khusus buat kamu yang ingin melanjutkan ke Deakin University di Melbourne.
  • Uniprep, siapa yang tidak pernah mendengar UNSW di Australia? Program ini dari Uniprep ini memungkinkan kamu untuk melanjutkan kuliah di UNSW. Oia, program dari Uniprep ini juga bisa dipakai untuk melanjutkan kuliah di beberapa universitas di Amerika, Inggris, Kanada, Singapore dan Negara lain lho.
  • UIC College, institusi yang terakhir ini mempunyai program variatif dan unik yang bisa mewujudkan impian kamu melanjutkan studi di universitas bergengsi di Australia, UTS dan juga beberapa universitas di negara lain.

Oia, selain fakta-fakta diatas, kamu juga harus tetap melampirkan sertifikasi bahasa Inggris yah seperti IELTS, TOEFL, atau PTE dengan minimal nilai yang ditentukan oleh program yang ingin kamu ambil.

Nah, jadi ngapain kamu masih galau mikirin syarat untuk kuliah di luar negeri, raport dan ijazah kamu itu bisa dipakai koq untuk mewujudkan impian kamu kuliah ke luar negeri. Segera konsultasikan minat kamu untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan konselor AUG Indonesia di kota kamu.