Menu

6 Jurusan Teknik yang Belum Kamu Ketahui

Engineering merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kian bertambah pula pilihan jurusan yang dapat dipelajari oleh mahasiswa. Sebelum terlanjur memilih jurusan yang kurang cocok karena keterbatasan pilihan yang kamu ketahui, pertimbangkan beberapa jurusan engineering modern berikut bila kamu tertarik dengan hal fisikal dan teknis.

1. Aeronautical

Kalau kamu punya minat di bidang kedirgantaraan, aeronautical bisa menjadi salah satu opsi yang tepat untukmu. Melalui jurusan ini, kamu dapat belajar tentang desain kendaraan terbang. Selain itu, siswa yang mempelajari bidang aeronautical akan dibekali dengan dasar pengetahuan seputar aerodinamik, sistem propulsi, material kendaraan terbang, avionik, dan stabilitas serta sistem kontrol kendaraan terbang.

Beberapa universitas pun menawarkan program dimana siswa dapat berpartisipasi dalam konstruksi light aircraft. Pengetahuan yang dipelajari di jurusan ini menjadi dasar untuk menganalisa dan memeriksa kerusakan kendaraan terbang.

2. Aerospace

Bila aeronautical fokus pada kendaraan terbang seperti pesawat, aerospace mengerahkan ilmu pengetahuan untuk meneliti dan mengembangkan penerbangan luar angkasa. Pada jurusan ini, siswa akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keahlian perihal desain, perkembangan, pengetesan, produksi/pemeliharaan/pengoperasian kendaraan luar angkasa, serta penelitian-penelitian terkait.

3. Biomedical & Health Engineering/Medical Technologies

Kamu memiliki minat di bidang kesehatan/kedokteran, tapi juga di bidang teknik? Jurusan medical technologies mungkin jurusan yang sesuai dengan minatmu! Jurusan teknik biomedis belum banyak ditawarkan di Indonesia, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa praktik kesehatan semakin banyak memanfaatkan inovasi-inovasi teknologi sebagai solusi masalah kesehatan. Pada jurusan ini, kamu dapat mempelajari kombinasi dari berbagai lini pengetahuan, yaitu elektronika, teknik mesin dan teknik material, kedokteran, biologi, serta biologi molekuler.

4. Mechatronic System

Mechatronic system bisa menjadi alternatif bagi kamu yang punya minat di bidang teknik mesin, tapi ingin mempelajari sesuatu yang lebih dari pada umumnya. Melalui mechatronic, kamu akan mengenal lebih dalam berbagai hal seputar self-operating robots atau smart machines lainnya, seperti kendaraan pintar otomatis.

5. Petroleum (Oil & Gas)

Petroleum adalah zat cair berminyak yang dapat terbakar dan terdapat di lapisan atas bumi. Kalau kamu tertarik untuk bekerja di bidang perminyakan, maka jurusan petroleum technology merupakan jalur yang tepat untuk dipilih. Ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang ditawarkan melalui jurusan ini akan membantu kamu untuk memahami desain teknologi dan penyelesaian masalah seputar produksi sumber energi dan sumber material di bawah permukaan bumi. Penelitian terkait petroleum juga berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Kamu akan mempelajari berbagai hal seputar geologi petroleum dan geofisika, karakteristik petroleum reservoir, pengeboran minyak dan penutupannya, serta produksi minyak dan gas bumi.

6. Photovoltaics & Solar Energy

Masih seputar sumber energi, teknik photovoltaics merupakan lini pengetahuan yang memanfaatkan radiasi tenaga surya untuk menghasilkan listrik. Kalau kamu tertarik pada energi baru terbarukan (renewable), kamu mungkin ingin mendalami lebih jauh melalui jurusan photovoltaics dan energi tenaga surya ini. Kamu dapat mempelajari produksi dan penggunaan solar cells.